TANYA JAWAB DUNIA PENDIDIKAN
Oleh: Yudi Karsono, S.Pd.,M.Pd.
A.
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
1.
Apakah
yang disebut standar nasional pendidikan?
Kriteria
minimal tentang system pendidikkan di seluruh wilayah hokum NKRI
2.
Apakah
yang dimaksud pendidikan formal dan non formal dan?
Pendidikan
formal: Jalur
pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar,
p.menengah dan p.tinggi.
Pendidikan
non formal:
jalur pendidikan di luar pendidikan formal yg dpt dilaksanakan secara
terstruktur dan berjenjang
3.
Sebutkan
8 standar yang ada pada Bab II Pasal 2 PP No.19/2005 tentang SNP!
(1)
Standar
Isi:
memuat kerangka dasar dan struktur KK,
beban belajar,ktsp, dan kaldik
(2)
Standar
Proses: yg
berkaitan dg pelaks pembelaj pd satpen utk mencapai s.kom.lus
(3)
Standar
Kompetensi Lulusan:
kualifikasi kemampuan lulusan yg mencakup sikap, penget, ketramp.
(4)
Standar
Pendidik dan Tenaga Kependidikan:
criteria pendidikan, kalayakan fisik maupun mental,
(5)
Standar
Sarana dan Prasarana:
criteria min ttg r.bel, t.olahraga, t.ibadah, perpus, lab, bengkel kerja,
t.bermain, t.berkreasi, dan berek, serta sumber bel lain yg diperlukan utk
menunjang pros, termasuk pengg TIK.
(6)
Standar
Pengelolaan:
yg berkaitan dg perenc., pelaks, pengwasn keg penddkn pada satpen
(7)
Standar
Pembiayaan:
mengatur komponen dan besarnya operasional pada satpen yg berlaku selama 1 thn
(8)
Standar
Penilaian Pendidikan:
yg berkaitan dg mekanisme, prosedur, dan instrument hasbel pesdik
4.
Sebutkan
4 kompetensi yg hrs dimiliki oleh seorang pendidik?
(1)
Kompetensi
Pedagogik: kemampuan
mengelola pembelaj pesdik yg meliputi pemahaman pesdik, perancangan dan pelaks
pembelaj, ev has bel dan pengemb potensi
pesdik utk mengakt berbagai pot yg dimiliknya.
(2) Kompetensi
Kepribadian:
kemamp kepribaddian yg mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, mjd teladan
bg pesdik, dan berakhlak mulia.
(3)
Komptensi
Profesional :
kemamp penguasaan materi pembelaj scr luas dan mendlm yg memungkinkan bing
pesdik memenuhi st kompt yg tap dlm SNP.
(4)
Komptenesi
Sosial:
kemamp pendidik sbg bag dr masy utk berkom dan bergaul scr efektif dg pesdik,
sesame pendidik, tenaga kepend, ortu/walmur dan masy sekitar.
5.
Apakah
yang dimaksud kualifikasi akademik?
Tingkat pendidikan
minimal yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik.
6.
Sebutkan
kualifikasi untuk guru SD!
(1)
Pendidikan
minimum D-IV atau S-1
(2)
Latar
belakang pendidikan di bidang pendidikan SD, kependidikan lain atau psikologi
(3)
Sertifikat
Profesi utk guru SD
7.
Apa
yang dimuat dalam Permendiknas Nomor 74/2009 tgl 13 Oktober 2009?
Tentang UASBN SD/MI
8.
Apa
isi dari Keputusan BSNP Nomor 0026/SK-Pos/BSNP/XII/2009 tanggal 14 Desember
2009?
Tentang POS UASBN
SD/MI
9.
Apakah
yang dimaksud kepemimpinan Kepala Sekolah?
Cara atau usaha KS
utk mempengaruhi, menorong, membimb, mengarahkan dan menggerakkan pr gr, staf,
siswa, ortu dan pihak lain utk bekerja guna capai tuj sek.
10. Apa kompetensi Kepala Sekolah
dalam menjalankan tugas dan fungsinya?
(1)
Memiliki
kepribadian yang kuat
(2)
Memahami
tuj pendidikan dan kebijakan umum bid pendidkan
(3)
Memiliki
penget yg luas utk mengantisipasi segala kemungkinan perub
(4)
Memiliki
kecakapan professional: technical skill, managerial
skill, social skill, academic skill, thinking skill, self
awareness skill, human relation skill.
11. Jelaskan gaya kepemimpinan yang
digambarkan dalam diagram di bawah ini!
Delegatif : apabila
staf atau anak buah memiliki kemauan dan kemampuan yang tinggi sehingga
pemimpin cukup mendelegasikan tugas dan
dibiarkan melaksanakan kegiatan sendiri melalui
pengawasan secara umum.
12. Sebutkan prinsip-prinsip
manajemen!
(1) Prinsip
pembagian kerja
(2) Prinsip
pendelegasian wewenang dan tugas
(3) Kesatuan
Arah
(4) Kesatuan
Kerja
(5) Prinsip
Displin
(6) Prinsip
Mendahulukan kepentingan Sekolah
(7) Prinsip
Penghargaan dan Sanksi
(8) Prinsip
inisiatif
(9) Prinsip
Keterpaduan
13. Sebutkan prinsip-prinsip
kepemimpinan (leadership)!
(1) Prinsip
Demokratis
(2) Prinsip
Kekeluargaan
(3) Prinsip
Kesederhanaan dan Kemanidirian
14. Sebutkan fungsi-fungsi manajemen
yang perlu dilakukan oleh Kepala Sekolah!
(1)
Perencanaan
(2)
Pengorganisasian
(3)
Menggerakkan
(4)
Memberikan
Arahan
(5)
Mengkoordinasikan
(6)
Pengendalian
(7)
Inovasi
15. Sebutkan Tugas dan Peranan Kepala
Sekolah!
Ada 2 tugas utama
yakni:
Tugas Administrasi
dan Non Administrasi
Tugas
Administrasi:
(1)
Pengelolaan
Adm Program Pengajaran
(2)
Pengelolaan
Adm Kesiswaan
(3)
Pengelolaan
Adm Kepegawaian
(4)
Pengelolaan
Adm Keuangan
(5)
Pengelolaan
Adm Barang
Tugas Non
Administrasi:
(1)
Educator(Pendidik): KS memiliki strategi
yg tepat utk meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan di sekolahnya,
mampu menciptkan iklim yg kondusif, nasihat, motivasi untuk melakukan pembelaj
yg menarik.
(2) Manajer : memiliki strategi yg tepat
dlm memberdayakan tenaga kependidikan melalui kerjasama, memberikan kesempatan
, mendorong keterlibatan
(3)
Administrator
: kemampuan Ks
untuk dapat mengelola administrasi secara baik meliputi pencatatan,penyusunan,
dan pendokumentasian seluruh program sekolah.
(4)
Supervisor: KS memiliki kemampuan
mensupervisi pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kependidikan.
(5) Leader: mampu memberikan petunjuk dan
pengawasan, meningkatkan kemauan tenaga kependidikan, membuka kom 2 arah,
mendelegasikan wewenang.
(6)
Innovator: harus memiliki strategi yang
tepat dalam menjalin hub harmonis dg lingk, mencari gagasan baru,mengintegrasikan
setiap keg, memberikan teladan kpd guru, mengemb model2 pembelaj,,
(7)
Motivator: harus memiliki strategi yang
tepat untuk memberikan motivasi kpd tenaga para kependidikan utk melakukan tgs
dan fungsinya.
(8)
Figur
: menjadi
panutan
(9)
Mediator
: mampu
memberikan solusi dari setiap konflik2 yang ada dan terjadi di sekolah.
16. Apakah yang disebut dengan
kepemimpinan?
Proses
memmpengaruhi orang lain utk melakukan proses manajemen dlm rangka pencapaian
tujuan org.
17. Apakah yang disebut manajemen?
Proses
merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, mengendalikan, mengevaluasi
untuk mencapai tujuan organisasi.
18. Sebutkan fungsi2 Kepemimpinan!
(1)
Fungsi
Perencanaan
(2)
Fungsi
Memandang ke Depan
(3)
Fungsi
Pengembangan Loyalitas
(4)
Fungsi
Pengawasan
(5)
Fungsi
Pengambilan Keputusan
(6)
Fungsi
Pemeliharaan
(7)
Fungsi
Menajalankan Tugas
19. Sebutkan tipe2 Kepemimpinan!
(1) Otokratis: bawaha tdk mampu diajak utk
mengambil keputusan, kwjbn dan tgjawab mengambil keputusan, tindakan, arahan,
motivasi dan pengawasan ada di tangan pemimpin.
(2) Demokratis atau Partisipatif: mmencari
berbagai pendapat dan pemikiran dari bwhan mengenai keput yg akn diambil.
(3)
Laizes
Fair:
mendelegasikan wewenang pengambilan keputusan kpd bawahannya.
20. Apa yang disebut dengan KTSP?-
Kurikulum operasional
yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan yang
teridiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan
kurikulum tingkat satuan pendidikan, kaldik yang dilampiri silabus, KKM dan
RPP.
21. Apa yang disebut dengan silabus?
Rencana pembelajaran
pada suatu mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang
mencakup SK, KD, Materi Pokok, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian,
Alokasi Waktu, Alat dan Sumber Belajar.
22. Apa yang disebut dengan KKM?
Kriteria Ketuntasan
Minimal yang ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan dengan
memperhatian essensi, kompleksitas, daya dukung dan intake siswa.
23. Apa yang disebut dengan RPP?
Penjabaran dari
silabus yang dikembangkan untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran.
24. Sebutkan kelompok mata pelajaran
dalam KTSP!
(1)
Agama
dan Akhlak Mulia
(2)
Kewarganegaraan
dan Kepribadian
(3)
Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi
(4)
Estetika
(5)
Jasmani,
Olah raga dan Kesehatan
25. Jelaskan mata pelajaran yang
dimuat dalam KTSP!
8 mapel, Mulok,
Pengembangan Diri
26. Sebutkan landasan penyusunan
KTSP!
(1)
UU
Nomor 20/2003 – UU Sisdiknas
(2)
PP
Nomor 19/2005 – SNP
(3)
Permendiknas
Nomor 22/2006 – Standar Isi
(4)
Permendiknas
Nomor 23/2006 – Standar Kompetensi Lulusan
(5)
Permendiknas
Nomor 24/2006 – Pelaksnaan Permen 22, 23
27. Bagaimana struktur kurikulum SD
Struktur kurikulum SD/MI disajikan
pada Tabel berikut ini.
Komponen
|
Kelas dan Alokasi Waktu |
Jumlah JP |
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
A. Mata
Pelajaran
|
|||||||
1. Pendidikan
Agama
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
24
|
2. Pend.
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12
|
3. Bahasa
Indonesia
|
6
|
7
|
7
|
5
|
5
|
5
|
35
|
4. Matematika
|
6
|
6
|
7
|
5
|
5
|
5
|
34
|
5. Ilmu
Pengetahuan Alam
|
2
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
18
|
6. Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
15
|
7. Seni
Budaya dan Keterampilan
|
2
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
18
|
8. Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
24
|
B. Muatan Lokal
a. Bahasa Jawa
b. TTGA
c. Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
2
2
2
|
2
2
2
|
2
2
2
|
12
6
6
|
C. Pengembangan Diri
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
Jumlah
|
30
|
31
|
32
|
37
|
37
|
37
|
*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
28. Sebutkan
landasan pelaksanaan Mulok Bahasa Jawa!
SK Gubernur Nomor 895.5/01/2005 –
tanggal 23 Februari 2005
29. Apa yang
disebut dengan wawasan Wiyata Mandala?
Konsep yang mengandung anggapan bahwa
sekolah merupakan wiyata mandala (lingkungan pendidikan) sehingga tidak boleh
digunakan untuk tujuan di luar pendidikan.
30. Sebutkan 5
ciri sekolah sebagai pusat kebudayaan!
(1) Ada guru
mengajar dan siswa belajar
(2) Terjadi PBM
(3) Terciptanya
masyarakat belajar
(4) Terbentuknya
manusia Indonesia seutuhnya
(5) Terpilihnya
menjadi teladan masyarakat
31. Sebutkan 7 K!
(1) Keamanan
(2) Kebersihan
(3) Ketertiban
(4) Keindahan
(5) Kekeluargaan
(6) Kerindangan
(7) Kesehatan
32. Sebutkan isi
kode Etik Guru Indonesia!
(1) Guru berbakti
dan membimbing peserta didik untuk membentuk manusia Indonesia yang berjiwa
Pancasila;
(2) Guru memiliki
dan melaksanakan kejujuran professional, berusaha memperoleh informasi tentang
peserta didik sebagai bahan melakukan bimbingan dan pembinaan;
(3) Guru
menciptakan suasana sekolah sebaik-baiknya yang menunjang berhasilnya proses
belajar mengajar
(4) Guru
memelihara hubungan baik dengan orang tua murid dan masyarakat sekitarnya untuk
membina peran serta dan rasa tanggung
jawab bersama terhadap pendidikan;
(5) Guru
memelihara hubungan seprofesi, semangat kekeluargaan antar kesetiakawanan
social;
(6) Guru secara
bersama-sama memelihara dan meningkatkan mutu organisasi PGRI sebagai sarana
perjuangan dan pengabdian.
33. Jelaskan
perbedaan antara jabatan guru dan angka kredit dengan!
NO
|
JABATAN
GURU
|
PANGKAT/GOL.
RUANG
|
JUML. KREDIT
|
1.
|
Guru Pratama
|
Pengatur Muda, II/a
|
25
|
2.
|
Guru Pratama Tk. I
|
Pengatur Muda Tk.I, II/b
|
40
|
3.
|
Guru Muda
|
Pengatur, II/c
|
60
|
4.
|
Guru Muda Tk.I
|
Pengatur Tk.I, II/d
|
80
|
5.
|
Guru Madya
|
Penata Muda, III/a
|
100
|
6.
|
Guru Madya Tk.I
|
Penata Muda Tk.I, III/b
|
150
|
7.
|
Guru Dewasa
|
Penata, III/c
|
200
|
8.
|
Guru Dewasa Tk.I
|
Penata Tk.I, III/d
|
300
|
9.
|
Guru Pembina
|
Pembina, IV/a
|
400
|
10.
|
Guru Pembina Tk.I
|
Pembina Tk.I, IV/b
|
550
|
11.
|
Guru Utama Muda
|
Pembina Utama Muda, IV/c
|
700
|
12.
|
Guru Utama Madya
|
Pembina Utama Madya, IV/d
|
850
|
13.
|
Guru Utama
|
Pembina Utama, IV/e
|
1000
|
34.
Bagaimana perbedaan Permendikbud Nomor
025/0/1995 (19-3-95) dengan Permendiknas No 38 Tahun 2010 Tanggal 22 Desember
2010 tentang penysuaian jabatan fungsional guru:
No
|
Jenjang Jabatan
Fungsional Lama
|
Jabatan Fungsional
Guru Baru
|
1
|
Guru Pratama /
Pengatur Muda, II/a
|
__
|
2
|
Guru Pratama TK I /
Pengatur Muda TK 1, II/b
|
__
|
3
|
Guru Muda / Pengatur,
II/c
|
__
|
4
|
Guru Muda TK I /
Pengatur TK I, II/d
|
__
|
5
|
Guru Madya / Penata
Muda, III/a
|
Guru Pertama, III/a
|
6
|
Guru Madya TK I /
Penata Muda TK I, III/b
|
Guru Pertama, III/b
|
7
|
Guru Dewasa / Penata,
III/c
|
Guru Muda, III/c
|
8
|
Guru Dewasa TK I /
Penata TK I, III/d
|
Guru Muda, III/d
|
9
|
Guru Pembina /
Pembina, IV/a
|
Guru Madya, IV/a
|
10
|
Guru Pembina TK I /
Pembina TK I, IV/b
|
Guru Madya, IV/b
|
11
|
Guru Utama Muda /
Pembina Utama Muda, IV/c
|
Guru Madya, IV/c
|
12
|
Guru Utama Madya /
Pembina Utama Madya, IV/d
|
Guru Utama, IV/d
|
13
|
Guru Utama / Pembina
Utama, IV/e
|
Guru Utama, IV/e
|
35. Apa isi UU Nomor 14/2005, kapan
ditetapkan dan siapa yang menetapkan?
UU Guru dan Dosen
ditetapkan pada 30 Desember 2005 oleh SBY
36. Apa isi PP Nomor 19/2005?
Tentang Standar
Nasional Pendidikan
37. Apa isi Permendiknas Nomor
13/2007?
Tentang Standar
Kepala Sekolah/Madrasah
38. Apa isi Permendiknas Nomor
16/2007?
Standar Tenaga
Pendidik dan Tenaga Pendidikan
39. Apa isi Permendiknas Nomor
19/2007?
Tentang Standar
Pengelolaan
40. Apa isi Permendiknas Nomor
20/2007?
Tentang Standar Penilaian
41. Apa isi Permendiknas Nomor
24/2007?
Tentang Sarana dan Prasarana
42. Apa isi Permendiknas Nomor
41/2007?
Tentang Standar
Proses
43. Apa isi Permendiknas Nomor
49/2007?
Tentang Standar
Pembiayaan
44. Sebutkan 5 kompetensi seorang
Kepala Sekolah!
(1)
Kompetensi
Kepribadian (6 butir)
-
Berakhlak
mulia
-
Memiliki
integritas kepribadian
-
Memiliki
keinginan yang kuat dalam mengembangkan diri
-
Bersikap
terbuka
-
Mengendalikan
diri
-
Memiliki
bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin
(2)
Komepetensi
manajerial (16 butir)
-
Menyusun
perencanaan sekolah
-
Mengembangkan
org sek
-
Memimpin
sekolak
-
Mengelola
perubahan dan pengembangan
-
Menciptakan
budaya dan iklim
-
Mengelola
guru/staff
-
Mengelola
sarpra
-
Mengelola
hub sek
-
Mengelola
peserta didik
-
Mengelola
pengemb peserta didik
-
Mengelola
pengemb kurikulum
-
Mengelola
keuangan sek
-
Mengelola
ke-TU-an
-
Mengelola
unit pelayanan khusus
-
Dll.
(3)
Kompetensi
Kewirausahaan
-
Menciptakan
inovasi yang berguna bagi pengembangan
s/m
-
Bekerja
keras
-
Memiliki
motivasi
-
Pantang
menyerah
-
Memiliki
naluri
(4)
Kompetensi
Supervisi (3 butir)
-
Merencanakan
prog supervise
-
Melaksanakan
-
Menindaklanjuti
(5)
Kompetensi
Sosial
-
Bekerjasama
dengan pihak lain
-
Berpartisipasi
-
Memiliki
kepekaan
45. Apakah yang disebut dengan visi
s/m?
Jawab:
Visi:
Cara pandang jauh ke
depan kemana sekolah / madrasah akan dibawa agar menjadi lembaga pendidikan
yang tetap eksis, antisipatif, dan inovatif
46. Apa perbedaan antara visi dan
misi?
Jawab:
NO
|
VISI
|
MISI
|
1.
|
Visi:
Cara pandang jauh ke depan kemana sekolah / madrasah akan dibawa agar
menjadi lembaga pendidikan yang tetap eksis, antisipatif, dan inovatif.
Imajinasi moral yang menggambarkan profil sekolah / madrasah yang diinginkan di masa depan
Rumusan visi yang baik seharusnya:
1) berorientasi ke depan, untuk
jangka waktu lama;
2) menunjukkan keyakinan masa
depan yang jauh lebih baik, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat;
3) mencerminkan standar
keunggulan dan cita-cita yang ingin dicapai;
4) mencerminkan dorongan yang kuat akan tumbuhnya inspirasi, semangat
dan komitmen warga; dan
5) menjadi dasar perumusan misi dan tujuan sekolah / madrasah
Contoh Visi:
Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa.
Rumusan visi biasanya dirumuskan dengan kalimat filosofis, oleh karena
itu untuk memudahkan pengukurannya perlu dibuat indikatornya. Misalnya, apa
indikator atau ciri / tanda sekolah / madrasah yang “Unggul dalam prestasi
berlandaskan iman dan taqwa”? Contoh indikator visi di atas antara lain: (1)
Unggul dalam prestasi akademik, (2) Unggul dalam prestasi non akademik, dan
(3) Unggul dalam IMTAQ
|
Misi:
sesuatu yang harus dilaksanakan oleh sekolah / madrasah agar tujuan
organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Jadi misi dapat
berbentuk rumusan tugas, kewajiban, dan rancangan tindakan untuk mencapai
visi.
Misi merupakan kalimat yang menunjukkan “tindakan”, redaksinya
operasional, terukur, dan dalam bentuk kata kerja serta selalu mengacu kepada
indikator visi
Mengacu kepada contoh visi di atas, maka antara lain misinya adalah:
(1) Melakukan inovasi dalam
pembelajaran,
(2) Melaksanakan pengembangan
kegiatan bidang agama, dan
(3) Melaksanakan pengembangan
kegiatan bidang KIR, Pramuka, Keterampilan,
|
47. Apakah perbedaan antara rumusan
misi dan tujuan s/m?
Jawab: Tujuan
merupakan penjabaran dari misi.
48. Jelaskan apa yang dimaksud
manajemen?
Jawab: proses
perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, kepemimpinan.
B.
PENGAWAS SEKOLAH
49. Sebutkan permendiknas yang
mengatur masalah pengawas sekolah!
Jawab: Permendiknas
No. 12 Tahun 2007
50. Apa pengawas sekolah itu?
Jawab:
Pengawas
Sekolah adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diberi tugas, tanggung jawab dan
wewenang secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan pengawasan akademik dan manajerial
pada satuan pendidikan.
51. Jelaskan kualifikasi Pengawas
TK/SD!
Jawab:
1.
Pendidikan
minimum S1 kependidikan dari perg tinggi terakreditasi
2.
Bersertfikat
pendidik, dengan pengalaman kerja guru 8 tahun, atau kepala SD minimum 4 tahun.
3.
Penata,
III/c
4.
Usia
setinggi-tingginya 50 tahun
5.
Memenuhi
kompetensi sebagai pengawas
6.
Lulus
seleksi pengawas
52. Sebutkan kompetensi yang harus
dimiliki oleh Pengawas Sekolah?
Jawab:
1)
Kepribadian
2)
Supervisi
Manajerial
3)
Supervisi
Akademik
4)
Evaluasi
Pendidikan
5)
Penelitian
Pengembangan
6)
Sosial
53.
Sebutkan isi kompetensi kepribadian!
1)
Memiliki
tanggung jawab
2)
Kreatif
dalam bekerja
3)
Memiliki
rasa ingin tahu
4)
Menumbuhkan
motivasi kerja
54.
Sebutkan
isi kompetensi Supervisi Manajerial!
1)
Menguasai
metode, teknik dan prinsip supervise
2)
Menyusun
program
3)
Menyusun
metode kerja dan instrument
4)
Menyusun
laporan
5)
Membina
kepsek dalam hal pengelolaan dan administrasi sekolah
6)
Membina
kepsek dan guru dalam melaksanakan BK di sekolah
7)
Mendorong
guru dan kepsek dalam mereflesikan hasil-hasil yg dicapai
8) Memantau
pelaksanaan SNP dan memanfaatkan hasil2nya, membantu kepala sekolah mempersiapkan akreditasi sekolah.
C. PENGETAHUAN
UMUM
55. Jelaskan yang dimaksud konsep,
fakta, data, dan generalisasi!
Jawab:
Konsep = Pernyataan abstrak yang
berguna untuk mengelompokkan benda, ide
atau peristiwa (Banks, 1977:85)
Konssep = definisi atau batasan
pengertia dari yang diamatai
Fakta
= benda-benda,
hal2 atau kejadian-kejadian yang dapat diamati
dengan indera manusia, dan hasil pengamatannya sangat dipengaruhi oleh
latar belakang pengetahuan atau interes orang yang melakukan pengamatan.
Data = ciri, karakteristik dari
benda-benda, hal-hal atau kejadian-kejadian yang diamati.
Data berasal dari
bahasa Latin datum yang artinya satu informasi petunjuk, bila informasi itu
lebih dari satu maka disebut data.
thks its used 4 me
BalasHapusSdh berkunjung, tq
Hapus