Lev Semionovich Vygotsky (1896-1934)

 

Lev Semionovich Vygotsky (1896-1934)

Lev Semionovich Vygotsky (1896-1934) adalah seorang psikolog dan ahli pendidikan asal Uni Soviet yang dikenal karena kontribusinya yang signifikan dalam psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, dan teori pembelajaran. Berikut adalah riwayat hidupnya:

Latar Belakang dan Pendidikan

Lev Vygotsky lahir pada tanggal 17 November 1896 di Orsha, Kekaisaran Rusia, dalam sebuah keluarga Yahudi yang terpelajar. Dia dibesarkan di Gomel, sebuah kota kecil di Belarus. Vygotsky menunjukkan minat dalam sastra, filsafat, dan bahasa sejak usia muda. Ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Negeri Moskow dan lulus pada tahun 1917 dengan gelar dalam bidang hukum, meskipun ia juga mempelajari berbagai bidang lain seperti sejarah, filsafat, dan sastra.

Karier dan Penelitian

Setelah lulus, Vygotsky kembali ke Gomel dan bekerja sebagai guru serta menulis untuk berbagai jurnal lokal. Pada awal 1920-an, Vygotsky mulai terlibat dalam penelitian psikologi. Ia bergabung dengan Institut Psikologi Moskow pada tahun 1924 dan mulai melakukan penelitian intensif yang melibatkan psikologi perkembangan anak, pendidikan, dan psikologi abnormal.

Kontribusi utamanya dalam psikologi adalah teori perkembangan kognitif yang dikenal sebagai Teori Sosial-Kultural Vygotsky. Beberapa konsep utama dari teorinya termasuk:

  1. Zona Perkembangan Proksimal (ZPD): Vygotsky memperkenalkan konsep ZPD yang merujuk pada jarak antara apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri dan apa yang dapat dilakukan anak dengan bantuan orang lain. Konsep ini menekankan pentingnya peran interaksi sosial dalam perkembangan kognitif anak.
  2. Scaffolding: Berkaitan dengan ZPD, scaffolding adalah metode di mana orang dewasa atau teman sebaya memberikan dukungan kepada anak selama proses pembelajaran, dan dukungan ini secara bertahap dikurangi saat anak menjadi lebih kompeten.
  3. Internalisasi: Vygotsky percaya bahwa pembelajaran dan perkembangan kognitif terjadi melalui internalisasi proses sosial. Anak-anak pertama-tama belajar melalui interaksi sosial dan kemudian menginternalisasi pengetahuan tersebut sebagai bagian dari pemahaman mereka sendiri.

Karya Utama

Salah satu karya paling terkenal Vygotsky adalah buku "Mind in Society," yang merupakan kumpulan esai yang menyoroti teori dan penelitian utamanya. Karya-karyanya mulai dikenal secara luas di dunia Barat setelah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada tahun 1960-an dan 1970-an.

Warisan dan Pengaruh

Vygotsky meninggal pada usia muda, 37 tahun, karena tuberkulosis pada tanggal 11 Juni 1934. Meskipun hidupnya singkat, pengaruhnya dalam bidang pendidikan dan psikologi tetap besar. Teorinya telah memberikan dasar bagi banyak penelitian dan praktik dalam pendidikan modern, khususnya dalam pembelajaran berbasis kolaboratif dan pentingnya konteks sosial dalam perkembangan anak.

Kesimpulan

Lev Vygotsky adalah seorang tokoh penting dalam psikologi pendidikan yang membawa perspektif baru tentang bagaimana anak-anak belajar dan berkembang. Konsep-konsepnya tentang ZPD, scaffolding, dan internalisasi terus menjadi landasan dalam teori dan praktik pendidikan hingga saat ini.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawab Dunia Pendidikan

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk Kepsek dan Pengawas Sekolah