RAHASIA KEPALA SEKOLAH SEBAGAI
LEADER
A.
Rahasia
Kinerja Guru
Kinerja atau “performance” diartikan
sebagai prestasi kerja. Kinerja merupakan hasil atau keluaran dari suatu
proses. Ada beberapa model kinerja. Model Kinerja
yang digunakan yaitu Model Vroomian.
Menurut Vroom (Mulyasa, 2005: 136) kinerja seseorang dipengaruhi oleh kemampuan
yang dimiliki dan motivasi. Model Kinerja Vroomian perumusannya: ability X motivation.
Kinerja atau “performance” diartikan sebagai
prestasi kerja. Kinerja merupakan hasil atau keluaran dari suatu proses
perkawinan ability dengan motivation.
C. Pengertian Ablitiy dan Contohnya
Kemampuan merupakan parafrase kalimat yang berasal dari
bahasa Inggris ability atau bisa juga dalam ilmu sosial dikenal dengan capability yang intinya bermakna kapasitas yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan tindakan sesuai
dengan tingkat pengetahuan, penalaran, dan maknisme lainnya yang berkaiatan
dengan kehidupan masyarakat.
Definisi kemampuan adalah kapasitas serta
kapabilitas yang dimiliki oleh setiap orang secara individu untuk menjalakan
tugas dalam pekerjaan yang telah menjadi tangung jawabanya. Baik dalam
organisasi, kehidupan bermasyarakat, ataupun di dalam fungsi keluarga (Stepen
P. Robbins, 2003).
Kemampuan (ability) berarti kapasitas seorang individu
untuk melakukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan.
Dari segi skill dan ability, dua hal ini memang
terlihat sama tetapi berbeda. Skill adalah keahlian sedangkan ability adalah kemampuan.
Kemampuan
(ability) berarti kapasitas seseorang untuk melakukan beragam tugas
dalam suatu pekerjaan. keterampilan (skill) adalah kemampuan
seseorang dalam mengoperasikan pekerjaan secara lebih mudah dan tepat.
Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan itu cenderung
dimiliki oleh setiap individu. Sedangkan keterampilan tidak, karena dibutuhkan
latihan dan pengalaman.
Misalnya, kemampuan
menulis. Berarti hanya sekadar bisa dalam menulis seperti orang pada
umumnya. Lain lagi kalau keterampilan menulis. Berarti lebih dari
sekadar bisa menulis. boleh jadi ia bisa menulis dengan sangat cepat dan tanpa
melihat buku atau tulisannya namun hasilnya tetap rapih.
Selain itu, kemampuan
(ability) dapat bersifat kognitif atau berupa pengetahuan.
Sedangkan keterampilan (skill) lebih bersifat
psikomotorik, dengan kata lain harus praktik.
Menurut
Chaplin (1997, p. 34), “ability (kemampuan, kecakapan, ketangkasan, bakat,
kesanggupan) merupakan tenaga (daya kekuatan) untuk melakukan suatu perbuatan”.
“Kemampuan bisa merupakan kesanggupan bawaan sejak lahir, atau merupakan hasil
latihan atau praktek”. (Robbins, 2000, p. 46)
Dari
pengertian-pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan (abilty)
adalah kecakapan atau potensi menguasai suatu keahlian yang merupakan bawaan
sejak lahir atau merupakan hasil latihan atau praktik dan digunakan untuk
mengerjakan sesuatu yang diwujudkan melalui tindakannya.
Lebih
lanjut Robbins (2000, p. 46-48) menyatakan bahwa kemampuan terdiri dari dua
faktor, yaitu: 1. Kemampuan intelektual (Intelectual ability) Merupakan
kemampuan melakukan aktivitas secara mental. 2. Kemampuan fisik (Physical
ability) Merupakan kemampuan melakukan aktivitas berdasarkan stamina kekuatan
dan karakteristik fisik.
Menurut
Keith Davis dalam Mangkunegara (2000, p. 67), “secara psikologis, kemampuan
(ability) terdiri dari kemampuan potensi (IQ) dan kemampuan reality (knowledge
+ skill), artinya karyawan yang memiliki IQ di atas rata-rata dengan pendidikan
yang memadai untuk jabatannya dan terampil dalam mengerjakan pekerjaan
sehari-hari, maka akan lebih mudah mencapai kinerja maksimal”.
D. Pengertian Motivation dan Contonya
Dikutip
dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makna motivasi adalah hasrat atau
dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk
melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.
Sementara itu, dalam psikologi, pengertian motivasi adalah usaha yang dapat menyebabkan
seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin
mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya.
Contoh motivasi:
1. Penghargaan dalam bentuk pujian dari guru kepada murid
berprestasi.
2. Perilaku seorang ayah yang bijaksana serta penuh kasih sayang
terhadap istri dan anaknya akan memberikan motivasi terhadap keluarganya untuk
berperilaku dan berbuat baik seperti ayahnya
E. Dimana Tempat PTK di Sekolah Anda?
Ada beberapa karakteristik sumber daya manusia yang mempengaruhi mutu pendidikan di sekolah:
1. Kemampuan
tinggi + motivasi tinggi
2. Kemampuan rendah + motivasi tinggi
3. Kemampuan
tinggi + motivasi rendah
4. Kemampuan
rendah + motivasi rendah
Rahasia keberhasilan leader dalam mengelola mitra kerjanya yaitu ketepatan dalam memberi tugas mendelegasikan pekerjaan dengan tepat.
0 komentar:
Posting Komentar