Contoh RPP PAUD Kurikulum Merdeka

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

 

A.   Identitas Modul

Nama penulis           : Nurhidayati, S.Pd.

Asal Sekolah           : BA Aisyiyah Kedungjampang

Fase/Kelompok       : Fondasi/B

Topik/Subtopik       : Indahnya Lingkunganku / Lingkungan rumah dan madrasah

 

B.   Hasil Asesmen Awal

Tujuan Pembelajaran

Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (IKTP)

Kegiatan

Hasil Pengamatan

Rekomendasi

       Anak dapat membiasakan adab akhlakul karimah di lingkungan rumah, madrasah, dan lingkungan sekitarnya.

       Anak melakukan adab baik (melafazkan doa makan minum, salam, sapa, senyum, dan jabat tangan) di lingkungan madrasah, rumah dan sekitarnya.

Praktik doa sebelum dan sesudah makan, mengucap salam, sapa, senyum, dan berjabat tangan. 

 

 

 

 

·       Dari 10 anak sudah 7 anak dapat melafazkan doa sebelum dan sesudah makan, mengucap salam, sapa, senyum, dan berjabat tangan.

Perlu kegiatan yang dapat menstimulasi keterampilan menggunakan blender untuk membuat minuman dari buah, dan menakar bahan-bahan minuman dari buah dengan timbangan digital.

       Anak dapat membedakan perilaku yang baik dan buruk.

Mendengarkan cerita anak yang berbakti dan anak yang tidak berbakti kepada orang tua.

·       Dari 10 anak, baru 7 mampu membedakan perilaku baik dan buruk.

       Anak dapat menggunakan anggota badan: mata, jari-jari tangan dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari.

       Anak dapat mewarnai gambar rumah dan sekolah.

Mewarnai gambar rumah dan sekolah.

·       Dari 10 anak, 7 anak sudah dapat mewarnai gambar rumah dan sekolah.

 

       Anak dapat menyusun bentuk-bentuk geometri menjadi kendaraan kesukaan.

Menyusun bentuk-bentuk geometri menjadi kendaraan kesukaan.

·       Dari 10 anak, 7 anak dapat menyusun bentuk-bentuk geometri menjadi kendaraan kesukaan.

       Anak mampu membuat makanan atau minuman dari buah menggunakan teknologi sederhana/modern dengan benar dan bertanggung jawab.

       Anak dapat membuat makanan atau minuman dari buah menggunakan teknologi sederhana/ modern dengan benar.

       Anak dapat menakar bahan-bahan minuman dari buah dengan ukuran yang sesuai resep.

Membuat minuman dari buah dengan teknologi sederhana atau moderen, dan menakar bahan-bahan minuman dari buah dengan timbangan digital.

·       Dari 10 anak, baru 2 anak yang dapat Membuat minuman dari buah dengan teknologi sederhana atau moderen, dan menakar bahan-bahan minuman dari buah dengan timbangan digital.

·       Dari 10 anak hanya 3 anak yang dapat menakar bahan-bahan minuman dari buah dengan timbangan digital dengan benar.

 

C.   Tujuan Pembelajaran

1.     Anak membiasakan akhlakul karimah di lingkungan rumah, madrasah, dan lingkungan sekitarnya.

2.     Anak dapat menggunakan anggota badan: mata, jari-jari tangan dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari.

3.     Anak mampu menggunakan teknologi sederhana/modern untuk mengolah makanan dan minuman dengan benar dan bertanggung jawab.

 

D.   Langkah-langkah Kegiatan

Pembukaan

-       Peserta didik berbaris membaca ikrar

-       Peserta didik mengucapkan Pancasila

-       Menyanyi lagu daerah “Dondong apa Salak

-       Salam dan menjawab salam

-       Doa akan belajar

-       Absensi

-       Pembiasaan hafalan pagi

-       Anak diberi waktu untuk minum atau ke toilet (kegiatan transisi)

-       Guru mengulas kegiatan kemarin dan menyampaikan tema kegiatan hari ini

-       Peserta didik mengamati gambar, slide atau video yang ditayangkan oleh guru.

Kegiatan Inti

Kegiatan pembelajaran dirancang sesuai dengan tujuan pembelajaran, dapat diawali dengan eksplorasi tentang apa saja minuman dari buah. Apa manfaat minuman dari buah?  Buah apa saja yang dapat dibuat minuman? Bagaimana cara memilih buah yang segar? Bagaiman cara menggunakan blender dan timbangan digital?  Eksplorasi dapat dilakukan dengan beragam cara dari penggunaan buku, teknologi atau dapat dari benda nyata. Kemudian anak dapat membuat karya berupa minuman dari buah.

·       Membuat kemasan minuman dari berbagai alat dan bahan.

·       Membuat toko buah dari berbagai alat dan bahan

·       Menggambar dan mewarnai buah kesukaan

·       Bermain peran menjadi pedagang buah

·       Membuat buku resep minuman dari buah-buahan

·       Membuat berbagai jenis minuman atau makanan dari buah

 

Penutup

-       Refleksi perasaan peserta didik ketika melakukan kegiatan membuat minuman dari buah-buahan.

-       Recalling atau kegiatan memberi kesempatan kepada peserta didik menyampaikan semua hal yang dialami, dipelajari, dipikirkan, dirasakan, dan dimengerti dari proses pembuatan minuman dari buah.

-       Reward (penguatan) kepada kelompok yang paling rapi, kompak, dan selesai lebih cepat diberi jajan sehat.

-       Penyampaian materi untuk pembelajaran yang akan datang

-       Membaca doa penutup bersama-sama

-       Menyanyikan lagu “Sayonara

E.    Asesmen Akhir (menggunakan instrument ceklist)

Nama Anak          : Anindita Sakila

Kelompok            : B

Tanggal               : 29 Juli 2022

Kegiatan              : Praktik doa, mendengarkan cerita, mewarnai gambar, menyusun bentuk-bentuk geometri, menakar dan membuat minuman dari buah.

 

No.

Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran  (IKTP)

Ceklis (Muncul/Tidak Muncul)

Catatan/Hasil Pengamatan

1.

Anak melakukan adab baik (melafazkan doa makan minum, salam, sapa, senyum, dan jabat tangan) di lingkungan madrasah, rumah dan sekitarnya.

ü  Muncul

Anindita Sakila sudah dapat melafazkan doa sebelum dan sesudah makan, mengucap salam, sapa, senyum, dan berjabat tangan.

2.

Anak dapat membedakan perilaku yang baik dan buruk.

ü  Muncul

Anindita Sakila sudah mampu membedakan perilaku baik dan buruk.

3.

Anak dapat mewarnai gambar rumah dan sekolah.

ü  Muncul

Anindita Sakila sudah dapat mewarnai gambar rumah dan sekolah.

4.

Anak dapat menyusun bentuk-bentuk geometri menjadi kendaraan kesukaan.

ü  Muncul

Anindita Sakila sudah dapat menyusun bentuk-bentuk geometri menjadi kendaraan kesukaan.

5.

Anak dapat membuat makanan atau minuman dari buah menggunakan teknologi sederhana/ modern dengan benar.

ü  Muncul

Anindita Sakila sudah dapat membuat minuman dari buah dengan teknologi sederhana atau moderen.

6.

Anak dapat menakar bahan-bahan minuman dari buah dengan ukuran yang sesuai resep.

ü  Muncul

Anindita Sakila sudah dapat menakar bahan-bahan minuman dari buah dengan timbangan digital.

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawab Dunia Pendidikan

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk Kepsek dan Pengawas Sekolah

6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini