Tanya Jawab Dunia Pendidikan

TANYA JAWAB DUNIA PENDIDIKAN
Oleh: Yudi Karsono, S.Pd.,M.Pd.

A.       STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
1.      Apakah yang disebut standar nasional pendidikan?
Kriteria minimal tentang system pendidikkan di seluruh wilayah hokum NKRI
2.      Apakah yang dimaksud pendidikan formal dan non formal dan?
Pendidikan formal: Jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, p.menengah dan p.tinggi.
Pendidikan non formal: jalur pendidikan di luar pendidikan formal yg dpt dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang
3.      Sebutkan 8 standar yang ada pada Bab II Pasal 2 PP No.19/2005 tentang SNP!
(1)   Standar Isi: memuat  kerangka dasar dan struktur KK, beban belajar,ktsp, dan kaldik
(2)   Standar Proses: yg berkaitan dg pelaks pembelaj pd satpen utk mencapai s.kom.lus
(3)   Standar Kompetensi Lulusan: kualifikasi kemampuan lulusan yg mencakup sikap, penget, ketramp.
(4)   Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan: criteria pendidikan, kalayakan fisik maupun mental,
(5)   Standar Sarana dan Prasarana: criteria min ttg r.bel, t.olahraga, t.ibadah, perpus, lab, bengkel kerja, t.bermain, t.berkreasi, dan berek, serta sumber bel lain yg diperlukan utk menunjang pros, termasuk pengg TIK.
(6)   Standar Pengelolaan: yg berkaitan dg perenc., pelaks, pengwasn keg penddkn pada satpen
(7)   Standar Pembiayaan: mengatur komponen dan besarnya operasional pada satpen yg berlaku selama 1 thn
(8)   Standar Penilaian Pendidikan: yg berkaitan dg mekanisme, prosedur, dan instrument hasbel pesdik
4.      Sebutkan 4 kompetensi yg hrs dimiliki oleh seorang pendidik?
(1)   Kompetensi Pedagogik: kemampuan mengelola pembelaj pesdik yg meliputi pemahaman pesdik, perancangan dan pelaks pembelaj, ev has bel dan pengemb  potensi pesdik utk mengakt berbagai pot yg dimiliknya.
(2)  Kompetensi Kepribadian: kemamp kepribaddian yg mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, mjd teladan bg pesdik, dan berakhlak mulia.
(3)   Komptensi Profesional : kemamp penguasaan materi pembelaj scr luas dan mendlm yg memungkinkan bing pesdik memenuhi st kompt yg tap  dlm SNP.
(4)   Komptenesi Sosial: kemamp pendidik sbg bag dr masy utk berkom dan bergaul scr efektif dg pesdik, sesame pendidik, tenaga kepend, ortu/walmur dan masy sekitar.
5.      Apakah yang dimaksud kualifikasi akademik?
Tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik.
6.      Sebutkan kualifikasi untuk guru SD!
(1)   Pendidikan minimum D-IV atau S-1
(2)   Latar belakang pendidikan di bidang pendidikan SD, kependidikan lain atau psikologi
(3)   Sertifikat Profesi utk guru SD
7.      Apa yang dimuat dalam Permendiknas Nomor 74/2009 tgl 13 Oktober 2009?
Tentang UASBN SD/MI
8.      Apa isi dari Keputusan BSNP Nomor 0026/SK-Pos/BSNP/XII/2009 tanggal 14 Desember 2009?
Tentang POS UASBN SD/MI
9.      Apakah yang dimaksud kepemimpinan Kepala Sekolah?
Cara atau usaha KS utk mempengaruhi, menorong, membimb, mengarahkan dan menggerakkan pr gr, staf, siswa, ortu dan pihak lain utk bekerja guna capai tuj sek.
10.  Apa kompetensi Kepala Sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsinya?
(1)   Memiliki kepribadian yang kuat
(2)   Memahami tuj pendidikan dan kebijakan umum bid pendidkan
(3)   Memiliki penget yg luas utk mengantisipasi segala kemungkinan perub
(4)   Memiliki kecakapan professional: technical skill, managerial skill, social skill, academic skill, thinking skill, self awareness skill, human relation skill.
11.  Jelaskan gaya kepemimpinan yang digambarkan dalam diagram di bawah  ini!

Delegatif :      apabila staf atau anak buah memiliki kemauan dan kemampuan yang tinggi sehingga pemimpin cukup  mendelegasikan tugas dan dibiarkan melaksanakan kegiatan  sendiri  melalui  pengawasan secara umum.


12.  Sebutkan prinsip-prinsip manajemen!
(1)   Prinsip pembagian kerja
(2)   Prinsip pendelegasian wewenang dan tugas
(3)   Kesatuan Arah
(4)   Kesatuan Kerja
(5)   Prinsip Displin
(6)   Prinsip Mendahulukan kepentingan Sekolah
(7)   Prinsip Penghargaan dan Sanksi
(8)   Prinsip inisiatif
(9)   Prinsip Keterpaduan
13.  Sebutkan prinsip-prinsip kepemimpinan (leadership)!
(1)   Prinsip Demokratis
(2)   Prinsip Kekeluargaan
(3)   Prinsip Kesederhanaan dan  Kemanidirian
14.  Sebutkan fungsi-fungsi manajemen yang perlu dilakukan oleh Kepala Sekolah!
(1)   Perencanaan
(2)   Pengorganisasian
(3)   Menggerakkan
(4)   Memberikan Arahan
(5)   Mengkoordinasikan
(6)   Pengendalian
(7)   Inovasi
15.  Sebutkan Tugas dan Peranan Kepala Sekolah!
Ada 2 tugas utama yakni:
Tugas Administrasi dan Non Administrasi
Tugas Administrasi:
(1)   Pengelolaan Adm Program Pengajaran
(2)   Pengelolaan Adm Kesiswaan
(3)   Pengelolaan Adm Kepegawaian
(4)   Pengelolaan Adm Keuangan
(5)   Pengelolaan Adm Barang
Tugas Non Administrasi:
(1)   Educator(Pendidik): KS memiliki strategi yg tepat utk meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan di sekolahnya, mampu menciptkan iklim yg kondusif, nasihat, motivasi untuk melakukan pembelaj yg menarik.
(2)  Manajer : memiliki strategi yg tepat dlm memberdayakan tenaga kependidikan melalui kerjasama, memberikan kesempatan , mendorong keterlibatan
(3)   Administrator : kemampuan Ks untuk dapat mengelola administrasi secara baik meliputi pencatatan,penyusunan, dan pendokumentasian seluruh program sekolah.
(4)   Supervisor: KS memiliki kemampuan mensupervisi pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kependidikan.
(5)  Leader: mampu memberikan petunjuk dan pengawasan, meningkatkan kemauan tenaga kependidikan, membuka kom 2 arah, mendelegasikan wewenang.
(6)   Innovator: harus memiliki strategi yang tepat dalam menjalin hub harmonis dg lingk, mencari gagasan baru,mengintegrasikan setiap keg, memberikan teladan kpd guru, mengemb model2 pembelaj,,
(7)   Motivator: harus memiliki strategi yang tepat untuk memberikan motivasi kpd tenaga para kependidikan utk melakukan tgs dan fungsinya.
(8)   Figur : menjadi panutan
(9)   Mediator : mampu memberikan solusi dari setiap konflik2 yang ada dan terjadi di sekolah.
16.  Apakah yang disebut dengan kepemimpinan?
Proses memmpengaruhi orang lain utk melakukan proses manajemen dlm rangka pencapaian tujuan org.
17.  Apakah yang disebut manajemen?
Proses merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, mengendalikan, mengevaluasi untuk mencapai tujuan organisasi.
18.  Sebutkan fungsi2 Kepemimpinan!
(1)   Fungsi Perencanaan
(2)   Fungsi Memandang ke Depan
(3)   Fungsi Pengembangan Loyalitas
(4)   Fungsi Pengawasan
(5)   Fungsi Pengambilan Keputusan
(6)   Fungsi Pemeliharaan
(7)   Fungsi Menajalankan Tugas
19.  Sebutkan tipe2 Kepemimpinan!
(1) Otokratis: bawaha tdk mampu diajak utk mengambil keputusan, kwjbn dan tgjawab mengambil keputusan, tindakan, arahan, motivasi dan pengawasan ada di tangan pemimpin.
(2) Demokratis atau Partisipatif: mmencari berbagai pendapat dan pemikiran dari bwhan mengenai keput yg akn diambil.
(3)   Laizes Fair: mendelegasikan wewenang pengambilan keputusan kpd bawahannya.
20.  Apa yang disebut dengan KTSP?-
Kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan yang teridiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kaldik yang dilampiri silabus, KKM dan RPP.
21.  Apa yang disebut dengan silabus?
Rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup SK, KD, Materi Pokok, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi Waktu, Alat dan Sumber Belajar.
22.  Apa yang disebut dengan KKM?
Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan oleh masing-masing satuan pendidikan dengan memperhatian essensi, kompleksitas, daya dukung dan intake siswa.
23.  Apa yang disebut dengan RPP?
Penjabaran dari silabus yang dikembangkan untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran.
24.  Sebutkan kelompok mata pelajaran dalam KTSP!
(1)   Agama dan Akhlak Mulia
(2)   Kewarganegaraan dan Kepribadian
(3)   Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
(4)   Estetika
(5)   Jasmani, Olah raga dan Kesehatan
25.  Jelaskan mata pelajaran yang dimuat dalam KTSP!
8 mapel, Mulok, Pengembangan Diri
26.  Sebutkan landasan penyusunan KTSP!
(1)   UU Nomor 20/2003 – UU Sisdiknas
(2)   PP Nomor 19/2005 – SNP
(3)   Permendiknas Nomor 22/2006 – Standar Isi
(4)   Permendiknas Nomor 23/2006 – Standar Kompetensi Lulusan
(5)   Permendiknas Nomor 24/2006 – Pelaksnaan Permen 22, 23
27.  Bagaimana struktur kurikulum SD
Struktur kurikulum SD/MI disajikan pada Tabel berikut ini.


Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

Jumlah JP

I
II
III
IV

V

VI
A. Mata Pelajaran


1.    Pendidikan Agama
4
4
4
4
4
4
24
2.    Pend. Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
12
3.    Bahasa Indonesia
6
7
7
5
5
5
35
4.    Matematika
6
6
7
5
5
5
34
5.    Ilmu Pengetahuan Alam
2
2
2
4
4
4
18
6.    Ilmu Pengetahuan Sosial
2
2
2
3
3
3
15
7.    Seni Budaya dan Keterampilan
2
2
2
4
4
4
18
8.    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
4
4
4
4
4
4
24
B. Muatan Lokal
a. Bahasa Jawa
b. TTGA
c. Bahasa Inggris

2

2

2

2
2
2

2
2
2

2
2
2

12
6
6
C. Pengembangan Diri
2
2
2
2
2
2

Jumlah
30
31
32
37
37
37

            *) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

28.  Sebutkan landasan pelaksanaan Mulok Bahasa Jawa!
SK Gubernur Nomor 895.5/01/2005 – tanggal 23 Februari 2005
29.  Apa yang disebut dengan wawasan Wiyata Mandala?
Konsep yang mengandung anggapan bahwa sekolah merupakan wiyata mandala (lingkungan pendidikan) sehingga tidak boleh digunakan untuk tujuan di luar pendidikan.
30.  Sebutkan 5 ciri sekolah sebagai pusat kebudayaan!
(1)   Ada guru mengajar dan siswa belajar
(2)   Terjadi PBM
(3)   Terciptanya masyarakat belajar
(4)   Terbentuknya manusia Indonesia seutuhnya
(5)   Terpilihnya menjadi teladan masyarakat
31.  Sebutkan 7 K!
(1)   Keamanan
(2)   Kebersihan
(3)   Ketertiban
(4)   Keindahan
(5)   Kekeluargaan
(6)   Kerindangan
(7)   Kesehatan
32.  Sebutkan isi kode Etik Guru Indonesia!
(1)   Guru berbakti dan membimbing peserta didik untuk membentuk manusia Indonesia yang berjiwa Pancasila;
(2)   Guru memiliki dan melaksanakan kejujuran professional, berusaha memperoleh informasi tentang peserta didik sebagai bahan melakukan bimbingan dan pembinaan;
(3)   Guru menciptakan suasana sekolah sebaik-baiknya yang menunjang berhasilnya proses belajar mengajar
(4)   Guru memelihara hubungan baik dengan orang tua murid dan masyarakat sekitarnya untuk membina peran serta  dan rasa tanggung jawab bersama terhadap pendidikan;
(5)   Guru memelihara hubungan seprofesi, semangat kekeluargaan antar kesetiakawanan social;
(6)   Guru secara bersama-sama memelihara dan meningkatkan mutu organisasi PGRI sebagai sarana perjuangan dan pengabdian.
33.  Jelaskan perbedaan antara jabatan guru dan angka kredit dengan!

NO
JABATAN GURU
PANGKAT/GOL. RUANG
JUML. KREDIT
  1.
Guru Pratama
Pengatur Muda, II/a
25
  2.
Guru Pratama Tk. I
Pengatur Muda Tk.I, II/b
40
  3.
Guru Muda
Pengatur, II/c
60
  4.
Guru Muda Tk.I
Pengatur Tk.I, II/d
80
  5.
Guru Madya
Penata Muda, III/a
100
  6.
Guru Madya Tk.I
Penata Muda Tk.I, III/b
150
  7.
Guru Dewasa
Penata, III/c
200
  8.
Guru Dewasa Tk.I
Penata Tk.I, III/d
300
  9.
Guru Pembina
Pembina, IV/a
400
10.
Guru Pembina Tk.I
Pembina Tk.I, IV/b
550
11.
Guru Utama Muda
Pembina Utama Muda, IV/c
700
12.
Guru Utama Madya
Pembina Utama Madya, IV/d
850
13.
Guru Utama
Pembina Utama, IV/e
1000

34.  Bagaimana perbedaan Permendikbud Nomor 025/0/1995 (19-3-95) dengan Permendiknas No 38 Tahun 2010 Tanggal 22 Desember 2010 tentang penysuaian jabatan fungsional guru:

No
Jenjang Jabatan Fungsional Lama
Jabatan Fungsional Guru Baru
1
Guru Pratama / Pengatur Muda, II/a
__
2
Guru Pratama TK I / Pengatur Muda TK 1, II/b
__
3
Guru Muda / Pengatur, II/c
__
4
Guru Muda TK I / Pengatur TK I, II/d
__
5
Guru Madya / Penata Muda, III/a
Guru Pertama, III/a
6
Guru Madya TK I / Penata Muda TK I, III/b
Guru Pertama, III/b
7
Guru Dewasa / Penata, III/c
Guru Muda, III/c
8
Guru Dewasa TK I / Penata TK I, III/d
Guru Muda, III/d
9
Guru Pembina / Pembina, IV/a
Guru Madya, IV/a
10
Guru Pembina TK I / Pembina TK I, IV/b
Guru Madya, IV/b
11
Guru Utama Muda / Pembina Utama Muda, IV/c
Guru Madya, IV/c
12
Guru Utama Madya / Pembina Utama Madya, IV/d
Guru Utama, IV/d
13
Guru Utama / Pembina Utama, IV/e
Guru Utama, IV/e

35.  Apa isi UU Nomor 14/2005, kapan ditetapkan dan siapa yang menetapkan?
UU Guru dan Dosen ditetapkan pada 30 Desember 2005 oleh SBY
36.  Apa isi PP Nomor 19/2005?
Tentang Standar Nasional Pendidikan
37.  Apa isi Permendiknas Nomor 13/2007?
Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah
38.  Apa isi Permendiknas Nomor 16/2007?
Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Pendidikan
39.  Apa isi Permendiknas Nomor 19/2007?
Tentang Standar Pengelolaan
40.  Apa isi Permendiknas Nomor 20/2007?
Tentang Standar Penilaian
41.  Apa isi Permendiknas Nomor 24/2007?
Tentang Sarana dan Prasarana
42.  Apa isi Permendiknas Nomor 41/2007?
Tentang Standar Proses
43.  Apa isi Permendiknas Nomor 49/2007?
Tentang Standar Pembiayaan
44.  Sebutkan 5 kompetensi seorang Kepala Sekolah!
(1)   Kompetensi Kepribadian (6 butir)
-          Berakhlak mulia
-          Memiliki integritas kepribadian
-          Memiliki keinginan yang kuat dalam mengembangkan diri
-          Bersikap terbuka
-          Mengendalikan diri
-          Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin
(2)   Komepetensi manajerial (16 butir)
-          Menyusun perencanaan sekolah
-          Mengembangkan org sek
-          Memimpin sekolak
-          Mengelola perubahan dan pengembangan
-          Menciptakan budaya dan iklim
-          Mengelola guru/staff
-          Mengelola sarpra
-          Mengelola hub sek
-          Mengelola peserta didik
-          Mengelola pengemb peserta didik
-          Mengelola pengemb kurikulum
-          Mengelola keuangan sek
-          Mengelola ke-TU-an
-          Mengelola unit pelayanan khusus
-          Dll.
(3)   Kompetensi Kewirausahaan
-          Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan  s/m
-          Bekerja keras
-          Memiliki motivasi
-          Pantang menyerah
-          Memiliki naluri
(4)   Kompetensi Supervisi (3 butir)
-          Merencanakan prog supervise
-          Melaksanakan
-          Menindaklanjuti
(5)   Kompetensi Sosial
-          Bekerjasama dengan pihak lain
-          Berpartisipasi
-          Memiliki kepekaan
45.  Apakah yang disebut dengan visi s/m?
Jawab:
Visi:
Cara pandang jauh ke depan kemana sekolah / madrasah akan dibawa agar menjadi lembaga pendidikan yang tetap eksis, antisipatif, dan inovatif
46.  Apa perbedaan antara visi dan misi?
Jawab:
NO
VISI
MISI
  1.
Visi:
Cara pandang jauh ke depan kemana sekolah / madrasah akan dibawa agar menjadi lembaga pendidikan yang tetap eksis, antisipatif, dan inovatif.

Imajinasi moral yang menggambarkan profil sekolah /  madrasah yang diinginkan di masa depan

Rumusan visi yang baik seharusnya:
 1) berorientasi ke depan, untuk jangka waktu lama;
 2) menunjukkan keyakinan masa depan yang jauh lebih baik, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat;
 3) mencerminkan standar keunggulan dan cita-cita yang ingin dicapai;
4) mencerminkan dorongan yang kuat akan tumbuhnya inspirasi, semangat dan komitmen warga; dan
5) menjadi dasar perumusan misi dan tujuan sekolah / madrasah
Contoh Visi:
Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa.
Rumusan visi biasanya dirumuskan dengan kalimat filosofis, oleh karena itu untuk memudahkan pengukurannya perlu dibuat indikatornya. Misalnya, apa indikator atau ciri / tanda sekolah / madrasah yang “Unggul dalam prestasi berlandaskan iman dan taqwa”? Contoh indikator visi di atas antara lain: (1) Unggul dalam prestasi akademik, (2) Unggul dalam prestasi non akademik, dan (3) Unggul dalam IMTAQ

Misi:
sesuatu yang harus dilaksanakan oleh sekolah / madrasah agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Jadi misi dapat berbentuk rumusan tugas, kewajiban, dan rancangan tindakan untuk mencapai visi.
Misi merupakan kalimat yang menunjukkan “tindakan”, redaksinya operasional, terukur, dan dalam bentuk kata kerja serta selalu mengacu kepada indikator visi
Mengacu kepada contoh visi di atas, maka antara lain misinya  adalah:
 (1) Melakukan inovasi dalam pembelajaran,
 (2) Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang agama, dan
 (3) Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang KIR, Pramuka, Keterampilan,

47.  Apakah perbedaan antara rumusan misi dan tujuan s/m?
Jawab: Tujuan merupakan penjabaran dari misi.
48.  Jelaskan apa yang dimaksud manajemen?
Jawab: proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, kepemimpinan.

B. PENGAWAS SEKOLAH
49.  Sebutkan permendiknas yang mengatur masalah pengawas sekolah!
Jawab: Permendiknas No. 12 Tahun 2007
50.  Apa pengawas sekolah itu?
Jawab:
Pengawas Sekolah adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan.
51.  Jelaskan kualifikasi Pengawas TK/SD!
Jawab:
1.      Pendidikan minimum S1 kependidikan dari perg tinggi terakreditasi
2.      Bersertfikat pendidik, dengan pengalaman kerja guru 8 tahun, atau kepala SD minimum 4 tahun.
3.      Penata, III/c
4.      Usia setinggi-tingginya 50 tahun
5.      Memenuhi kompetensi sebagai pengawas
6.      Lulus seleksi pengawas
52.  Sebutkan kompetensi yang harus dimiliki oleh  Pengawas Sekolah?
Jawab:
1)      Kepribadian
2)      Supervisi Manajerial
3)      Supervisi Akademik
4)      Evaluasi Pendidikan
5)      Penelitian Pengembangan
6)      Sosial  
53.      Sebutkan isi kompetensi kepribadian!
1)      Memiliki tanggung jawab
2)      Kreatif dalam bekerja
3)      Memiliki rasa ingin tahu
4)      Menumbuhkan motivasi kerja
54.     Sebutkan isi kompetensi Supervisi Manajerial!
1)      Menguasai metode, teknik dan prinsip supervise
2)      Menyusun program
3)      Menyusun metode kerja dan instrument
4)      Menyusun laporan
5)      Membina kepsek dalam hal pengelolaan dan administrasi sekolah
6)      Membina kepsek dan guru dalam melaksanakan BK di sekolah
7)      Mendorong guru dan kepsek dalam mereflesikan hasil-hasil yg dicapai
8)   Memantau pelaksanaan SNP dan memanfaatkan hasil2nya, membantu kepala sekolah  mempersiapkan akreditasi sekolah.


C.       PENGETAHUAN UMUM
55.  Jelaskan yang dimaksud konsep, fakta, data, dan generalisasi!
Jawab:
Konsep = Pernyataan abstrak yang berguna  untuk mengelompokkan benda, ide atau peristiwa (Banks, 1977:85)
Konssep = definisi atau batasan pengertia dari yang diamatai
Fakta = benda-benda, hal2 atau kejadian-kejadian yang dapat diamati  dengan indera manusia, dan hasil pengamatannya sangat dipengaruhi oleh latar belakang pengetahuan atau interes orang yang melakukan pengamatan.
Data = ciri, karakteristik dari benda-benda, hal-hal atau kejadian-kejadian yang diamati.
Data berasal dari bahasa Latin datum yang artinya satu informasi petunjuk, bila informasi itu lebih dari satu maka disebut data.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk Kepsek dan Pengawas Sekolah

6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini