Unique Selling Proposition (USP) Sebuah Sekolah

 

APA ITU USP?

Unique selling proposition atau USP adalah faktor atau pertimbangan dari penjual sebagai alasan bahwa produk atau jasa mereka lebih baik dari kompetitor.

Mengingatkan kembali, unique selling proposition (USP) adalah faktor yang membedakan produk atau layanan Anda dari para pesaing atau kompetitor Anda. Contohnya seperti harga termurah, kualitas tertinggi, yang pertama kalinya, atau beberapa diferensial lainnya

 

USP SEBUAH SEKOLAH

Pertimbangan dari orangtua/wali calon peserta didik sebagai alasan bahwa sekolah atau jasa pendidikan anda lebih baik dari competitor/rival anda.

Mengingatkan kembali, unique selling proposition (USP) adalah faktor yang membedakan sekolah atau layanan Anda dari para pesaing atau competitor/rival Anda. Contohnya seperti:

1.   Biaya termurah: tingkat kemampuan ekonomi ortu siswa

2.   Mutu tertinggi: Layanan, Integritas, Komitmen, Disiplin, Kerjasama

 


MENGAPA?

Setiap sekolah harus memiliki Unique Selling Proposition (USP).

USP adalah hal yang membedakan sekolah anda dari para rival lainnya, hal ini menjadikan sekolah lebih spesial.

Tanpa Unique Selling Proposition (USP) maka sekolah anda akan sulit berkembang dan kalah di banding kompetitor lainnya.

Dengan memiliki USP sekolah akan meningkatkan positioning dan peminat/pencari layanan Pendidikan yg baik, karena:

v Unique: Hal ini membuat sekolah anda berbeda dengan rival yang lainnya.

v Selling: Mengajak ortu pesdik untuk menadi bagian dari layanan pddkan yang ditawarkan, berani berkorban untuk jasa Pendidikan anda.

v  Proposition: Proposal atau usulan program2 sekolah untuk diterima oleh warga masy.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawab Dunia Pendidikan

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk Kepsek dan Pengawas Sekolah

6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini