Langkah Sukses PPDB

 

A.  Pengantar

“Nyawa” sebuah sekolah adalah siswa, di mana siswa diperoleh dengan PPDB yang gigih dan terencana. Realita yang berkembang di kalangan masyarakat, sekolah negeri (?) adalah prioritas. Oleh karena itu, mindset yang harus dibangun terlebih dahulu bukanlah rangkaian PPDB di waktu-waktu tertentu (biasanya menunggu juknis turun), melainkan proses sepanjang waktu. Penyiapan waktu enam bulan atau delapan bulan sebelum hari “H” sebenarnya tidak cukup dan memadai. PPDB perlu dirancang dan direncanakan dg matang.

B.  PPDB Sepanjang Waktu

Mengapa sepanjang waktu? PPDB sudah semestinya melekat dan menjadi bagian tak terpisahkan dengan layanan di sekolah. Tampilan sepanjang waktu sebuah sekolah akan dicermati oleh orangtua calon peserta didik atau masyarakat. Jika saja sekolah mampu menghadirkan pelayanan yang memuaskan, tidak perlu lagi memasang baliho besar-besaran. Juru iklan yang paling ampuh adalah orangtua calon peserta didik/masyarakat sekitar yang merasakan langsung layanan di sekolah.

PPDB perlu diiringi sosialisasi-promosi yang masif dan totalitas. Prinsip PPDB sepanjang waktu diiringi dengan ikhtiar tiada henti memberikan berbagai prestasi, pelayanan memuaskan dengan serangkaian prestasi akademik dan nonakademik dan mutu sekolah serta promosi berbasis media sosial dan teknologi dengan berbagai program inovatif-kreatif.

C.  Kepala Sekolah Kunci Utama

Inovasi sekolah tidak terlepas dari peranan kepala sekolah. Peran kepala sekolah sangat penting pengaruhnya pada dinamika dan strategi sekolah melakukan perubahan.

Kepala sekolah memainkan peranan terpenting mendapatkan  kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sebuah sekolah. Model, gaya, pendekatan, serta kemampuan kepemimpinannya akan sorotan dalam keberhasilan PPDB. Saat  kepala sekolah diberi amanah menjadi pimpinan, harus mampu mepertahankan kesuksesan sekolah dalam PPDB. Kepala sekolah menjadi nakhoda sekolah. Saat berlayar sekolah tidak boleh oleng sehingga PPDB tercapai sesuai target yang maksimal.

Kepemimpinan sang kepala sekolah harus fight or flight, bak pemain MMA (mixed martial arts), olahraga kontak yang memperbolehkan berbagai teknik pertarungan, seperti pergumulan, tendangan, dan pukulan seperti Khabib Nurmagomedov dalam mengatur strategi yang jitu, cantik, dan mampu memenangkan pertarungan secara efektif. Respons fight or flight pada saat menghadapi situasi yang penuh tekanan atau bahaya.

Sumber: Wikipedia


Model kolegialitas sinergitas yang mampu merangkul berbagai
stakeholders sekolah sangat menentukan keberhasilan dalam PPDB. Jika kemampuan mengorgansasi berbagai elemen tidak diupayakan, bisa berakibat fatal bahkan sebuah sekolah tidak memperoleh murid.

D.  Mengoptimalkan Forum Komunikasi Orangtua Siswa/Alumni

Kepemimpinan akan lebih efektif jika sekolah mampu melakukan pemetaan dan pengotimalan pengguna jasa sekolah sekaligus melibatkannya dalam program sukses PPDB. Acapkali sekolah abai mengenai data mengenai alumni. Peran alumni tersebut mampu menggerakkan lingkungan keluarga dan masyarakat, masyarakat merasa puas akan prestasi yang diraih oleh satuan pendidikan. Maka orangtua murid dam alumni dapat menjadi agen untuk “gethok tular” mewartakan sekolah kita secara masif dan menjadi salah satu strategi marketing mendapatkan kesuksesan dalam PPDB. KS memnfasilitasi atau mengembangakan program/forum Komunikasi antar warga sekolah yang efektif dan efisien. Sekolah tentu memiliki forum-forum dan bukti kegiatan FORUM KOMUNIKASI ORANGTUA SISWA PER-KELAS (Paguyuban Kelas) FOTO-FOTO KEGIATAN

E.   Promosi bahwa Sekolah Memiliki Keunggulan

Masyarakat akan tertarik dengan sekolah yang mampu menunjukkan keunggulannya. Keunggulan di bidang akademik dan non akademik. Sekolah harus mampu membuat merek dan berbeda dengan sekolah lainnya. Jika pemimpin sekolah bersama warga sekolah mampu menyuguhkan keunggulan sekolah, masyarakat, dan orang tua akan dengan mudah memberikan kepercayaan, menyekolahkan anaknya di sekolah yang anda pimpin.

F.   Dokumentasi PPDB

Siapkan dokumen PPDB sebagai berikut:

  1. SK PPDB
  2. Formulir Pendafatara Siswa Baru (S-1)
  3. Daftar Calon Siswa Baru Kelas 1 (S-2)
  4. Daftar Siswa Baru Kelas 1 (Form S-3)
  5. Buku Induk Siswa (Form S-4)
  6. Buku Klapper (Form S-5) 
Link SK PPDB:


Link Format S1, S2,S3


Link Program Ekstrakurikuler Pramuka:












































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawab Dunia Pendidikan

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk Kepsek dan Pengawas Sekolah

6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini