Ruang dan Waktu

 

Kehidupan di alam nyata manusia berada dalam dimensi ruang dan waktu. Pada dimensi ruang maka kita mendapati adanya jarak, sehingga manusia tidak dapat mencapai tujuan sebuah tempat tanpa perjuangan membebaskan dirinya dari belenggu jarak. Upaya membebaskan diri dari belenggu jarak manusia menciptakan beragam teknologi transportasi, telekomunikasi, dan informasi.

Pada awal kehidupan tentu ruang ini terasa sangat luas, bahkan menyangka tanpa batas. Langit bersih tanpa noda. Air jernih tanpa limbah racun. Manusia hidup sederhana. Makanan sangat alami. Kuman dan bakteri  belum bermutasi. Manusia belum berproses dalam sebuah keserakahan yang menghancurkan alam sekitar. 
Lingkungan hidup tumbuh kembang liar dan hanya seleksi alam yang membatasi. Manusia berkembang beranak pinak dan menyebar ke seantero bumi untuk menaklukan alam. Manusia tidak hanya sekadar bertahan hidup tetapi bagaimana mengatur dan mengendalikan kehidupan. Akal manusia yang memulai untuk menjadikan lingkungan hidup sesuai kehendak dirinya, berpihak kepada dirinya, menguntungkan dirinya. 
Hidup manusia selalu memburu kehidupan yang nyaman, aman, dan kalau dapat hidup abadi ...! Tetapi hidup abadi itu sesuatu yang belum ditemukan formulanya.

Sumber: Wikipedia


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawab Dunia Pendidikan

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk Kepsek dan Pengawas Sekolah

6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini