Berdasarkan
beberapa teori dari para ahli di atas, ada beberapa prinsip yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran, diantaranya:
a. Pemberian ulangan atau tes diperlukan dalam pembelajaran untuk melatih siswa dalam memahami hubungan antara pertanyaan dengan
jawaban atau hubungan antara masalah dengan solusinya;
b.
Dalam pembelajaran perlu adanya proses pengulangan (repetition) materi,
karena dapat membentuk pembiasaan;
c. Pemberian
stimulus yang menyenangkan
terhadap tindakan baik siswa (mis.
prestasi belajar yang bagus) harus dilakukan untuk memotivasi agar terus mempertahankan prestasinya.
Sebaliknya pemberian stimulus
yang tidak menyenangkan terhadap Tindakan
siswa yang tidak baik (mis. prestasi belajar yang jelek karena malas
belajar) juga harus dilakukan untuk memotivasi siswa agar lebih giat lagi, sehingga
nilainya lebih baik;
d. Pemberian hukuman dan hadiah diperlukan dalam
rangka menciptakan disiplin kelas yang kondusif untuk
proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien;
e. Pemberian hadiah atau hukuman
harus dilakukan secara
variatif, sehingga tidak
menimbulkan kebosanan pada siswa yang menerimanya;
f. Proses pembelajaran akan
berjalan secara efektif
jika siswa sudah memiliki kesiapan untuk mengikuti proses belajar, baik kesiapan mental maupun kesiapan
menerima materi yang baru, oleh karena itulah
pemberian apersepsi sebelum memulai proses pembelajaran menjadi
penting.
0 komentar:
Posting Komentar