Ditinjau dari aspek pendekatannya,
penilaian dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran),
assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai
pembelajaran).
Assessment of learning
(penilaian terhadap
pembelajaran) merupakan
penilaian yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai. Penilaian ini dimaksudkan untuk mengetahui
tingkat pencapaian hasil belajar dan sekaligus mengetahui tingkat keberhasilan
proses pembelajaran yang telah dilakukan. Contoh evaluasi dengan pendekatan ini adalah evaluasi sumatif.
Assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran) merupakan penilaian yang berfungsi untuk mendapatkan feedback bagi guru tentang pembelajaran yang sedang dilakukannya, sehingga dapat dilakukan perbaikan untuk proses pembelajaran berikutnya. Contoh evaluasi dengan pendekatan ini adalah evaluasi formatif.
Assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran) merupakan penilaian yang berfungsi untuk melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang sudah dilakukan. Dalam asesmen ini siswa dilibatkan untuk memberikan penilaian, sehingga dia mendapatkan umpan balik tentang proses belajar yang sudah dilakukannya dan sekaligus menjadi masukan untuk perbaikan proses belajar berikutnya. Contoh evaluasi dengan pendekatan ini adalah tes dignostik atau pre test yang berfungsi sebagai tes formatif.
0 komentar:
Posting Komentar