Teori Belajar Menurut Edwin Ray Guthrie (1886-1959)
Sebagaimana tokoh behavioristik lainnya,
Edwin Guthrie juga menggunakan
variabel hubungan stimulus dan respon untuk menjelaskan terjadinya proses belajar. Dijelaskannya
bahwa hubungan antara stimulus dan respon cenderung hanya bersifat sementara, oleh
sebab itu dalam kegiatan belajar siswa perlu sesering
mungkin diberikan stimulus
agar hubungan antara stimulus dan respon bersifat lebih tetap. Dia juga mengemukakan, agar respon yang muncul sifatnya
lebih kuat dan bahkan menetap,
maka diperlukan berbagai
macam stimulus yang berhubungan dengan respon tersebut.
Guthrie juga percaya bahwa hukuman (punishment) memegang
peranan penting dalam proses
belajar. Hukuman yang diberikan pada saat yang tepat akan mampu merubah kebiasaan dan perilaku seseorang. Namun
setelah Skinner mengemukakan dan
mempopulerkan akan pentingnya penguatan (reinforcement) dalam
teori belajarnya, maka hukuman tidak lagi dipentingkan dalam belajar.
0 komentar:
Posting Komentar