Konsep Matematika

 

Konsep Matematika mencakup beberapa hal, antara lain operasi bilangan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Selain itu dibahas juga pola, bentuk geometri (seperti dua dimensi dan tiga dimensi), konsep pengukuran, dan konsep pengolahan data. Ada beberapa konsep matematika yang dapat dikenalkan pada anak di jenjang PAUD diantaranya sebagai berikut (Panduan Capaian Pembelajaran Literasi dan STEAM, Puskur dan Perbukuan Kemendikbud Ristek, 2022):

a.       Konsep bilangan, yaitu konsep mengenal simbol bilangan dan memahami makna atau nilai dari simbol bilangan tersebut. Misal anak diajak menghitung jumlah benda, sebanyak lima. Kemudian ditunjukkan simbol angka 5. Anak menyebutkan angka 1–10, mengurutkan angka, serta dapat menggunakan angka tersebut untuk menyampaikan informasi.

b.      Operasi bilangan, yaitu menggunakan bilangan untuk penjumlahan dan pengurangan. Operasi bilangan pada anak dapat digunakan untuk menghitung benda-benda konkret. Misal pensil 5 buah ditambah spidol 3 buah, semua jadi berapa.

c.       Perbandingan, yaitu melakukan perbandingan terkait suatu benda. Kategorinya adalah sama, lebih dari atau kurang dari. Konsep perbandingan berkaitan dengan ukuran atau kuantitas seperti lebih panjang, lebih banyak, sama besar, lebih berat dan sebagainya.

d.      Pengelompokan, yaitu melakukan proses pengelompokan suatu benda berdasarkan karakteristik tertentu, seperti bentuk, ukuran, warna, jumlah, besar, kecil dan lain-lain.

e.       Pola, memahami konsep pola seperti urutan bilangan, gambar, objek, gerakan, cerita, atau suara yang memiliki proses berulang. Misal meronce dengan ABC-ABC, merah kuning biru-merah kuning biru.

f.        Geometri, yakni memahami bentuk 2 dan 3 dimensi seperti lingkaran, segitiga, segi empat, belah ketupat dan sebagainya. Selain itu juga terkait dengan hubungan spasial, seperti memahami posisi objek dalam sebuah ruang, seperti di depan, di belakang, di atas, di bawah.

 

 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawab Dunia Pendidikan

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk Kepsek dan Pengawas Sekolah

6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini