Pendekatan Evaluasi Pembelajaran

 

Ditinjau dari aspek pendekatannya, penilaian dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran), assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran).

Assessment of learning (penilaian terhadap pembelajaran) merupakan penilaian yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai. Penilaian ini dimaksudkan untuk mengetahui  tingkat pencapaian hasil belajar dan sekaligus mengetahui tingkat keberhasilan

proses pembelajaran yang telah dilakukan. Contoh evaluasi dengan pendekatan ini adalah evaluasi sumatif.

Assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran) merupakan penilaian yang berfungsi untuk mendapatkan feedback bagi guru tentang pembelajaran yang sedang dilakukannya, sehingga dapat dilakukan perbaikan untuk proses pembelajaran berikutnya. Contoh evaluasi dengan pendekatan ini adalah evaluasi formatif.

Assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran) merupakan penilaian yang berfungsi untuk melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang sudah dilakukan. Dalam asesmen ini  siswa dilibatkan untuk memberikan penilaian, sehingga dia mendapatkan umpan balik tentang proses belajar yang sudah dilakukannya dan sekaligus menjadi masukan untuk perbaikan proses belajar berikutnya. Contoh evaluasi dengan pendekatan ini adalah tes dignostik  atau pre test yang berfungsi sebagai tes formatif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawab Dunia Pendidikan

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk Kepsek dan Pengawas Sekolah

6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini