Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK)

 

Salah satu bentuk kecakapan guru yang menunjang profesionalisme guru adalah kemampuan TPACK. Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) adalah pengetahuan guru tentang bagaimana memfasilitasi pembelajaran siswa dari konten tertentu melalui pendekatan pedagogik dan teknologi (Cox & Graham, 2009: 63). TPACK merupakan pengembangan dari Shulman (1986) yaitu Pedagogical Content Knowledge (PCK). TPACK dikenal di dalam bidang penelitian pendidikan sebagai framework (kerangka kerja/kerangka teoritis) dalam mendesain model pembelajaran dengan mengintegrasikan tiga aspek utama yaitu teknologi, pedagogi, dan content. Mishra & Khoehler (2009: 62) menjelaskan bahwa pembelajaran yang berkualitas membutuhkan pemahaman kompleks yang saling berhubungan diantara tiga sumber utama pengetahuan yaitu teknologi, pedagogi, dan konten, serta bagaimana ketiga sumber itu diterapkan sesuai dengan konteksnya.

Gambar 1.1. Mishra & Khoehler (2009)

The TPACK Framework And Its Knowledge components.

Terdapat tujuh domain pengetahuan dalam TPACK yang digambarkan oleh Koehler & Mishra (2009: 63) yaitu: 1) Content Knowledge yang merupakan pengetahuan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari atau diajarkan; 2) Technological Knowledge (TK) adalah pengetahuan guru tentang teknologi yang dapat mendukung suatu pembelajaran; 3) Pedagogical Knowledge (PK) adalah pengetahuan yang mendalam tentang proses dan praktik dalam menyampaikan materi yang akan dipelajari; 4) Pedagogical Content Knowledge (PCK) merujuk pada pernyataan Shulman 1986 (dalam M.J. Koehler et al., 2014: 102) yaitu pengajaran yang efektif memerlukan lebih dari sekedar pemisahan pemahaman konten dan pedagogi; 5) Technological Content Knowledge (TCK) adalah pengetahuan tentang bagaimana teknologi dapat menciptakan sebuah gambaran baru dalam materi tertentu (Schmidt et al., 2009: 125); 6) Technological Pedagogical     Knowledge     (TPK)     adalah     pemahaman     tentang     bagaimana pembelajaran dapat berubah ketika teknologi tertentu digunakan dengan cara tertentu (Koehler & Mishra, 2009: 65); 7) Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) adalah pengetahuan tentang interaksi yang kompleks antara domain prinsip pengetahuan (konten, pedagogi, teknologi) (Koehler & Mishra, 2009: 65)

Pengetahuan yang dibutuhkan guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran itulah yang disebut TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge), sehingga sumber belajar tidak serta merta terpaku pada pendidik  dan  buku  teks  (Smaldino,  2012).  TPACK  merupakan  rancangan pembelajaran inovatif, yaitu rancangan aktivitas persiapan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan unsur-unsur pembelajaran abad 21 dan terintegrasi dalam komponen maupun tahapan pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Unsur-unsur pembelajaran  abad  21  yang  dimaksud,  antara  lain:  TPACK  (technological, pedagogical, content knowledge) sebagai kerangka dasar integrasi teknologi dalam proses pembelajaran, pembelajaran berbasis Neuroscience, pendekatan pembelajaran TEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics), HOTS (Higher Order Thinking Skills), Tuntutan Kompetensi Abad 21 atau 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity), kemampuan literasi, dan unsur-unsur lain yang terintegrasi dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajarannya (Miyarso, 2019). Unsur-unsur tersebut telah Saudara pelajari dalam modul 1 (profesional), modul 3 (profesional), modul 2 (pedagogik), dan modul 4 (pedagogik).

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya Jawab Dunia Pendidikan

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk Kepsek dan Pengawas Sekolah

6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini